Jumat, 23 Desember 2011

Jawaban UAS 1.

- Saya Ali wardhana,karena bagi saya kuliah jurnalistik merupakan suatu keperluan untuk mendukung kegiatan perkuliahan saya dan untuk mengenal lebih jauh tentang ilmu-ilmu jurnalistik,baik secara teoritik maupun praktek.

- Pers berasal dari bahasa Belanda, yang dalam bahasa Inggris berarti press. Secara harfiah pers berarti cetak dan secara maknawiah berarti penyiaran secara tercetak atau publikasi secara dicetak (printed publication).

Pers mempunyai dua pengertian, yakni pers dalam pengertian luas dan pers dalam pengertian sempit. Dalam pengertian luas, pers mencakup semua media komunikasi massa, seperti radio, televisi, dan film yang berfungsi memancarkan/ menyebarkan informasi, berita, gagasan, pikiran, atau perasaan seseorang atau sekelompok orang kepada orang lain. Maka dikenal adanya istilah jurnalistik radio, jurnalistik televisi, jurnalistik pers. Dalam pengertian sempit, pers hanya digolongkan produk-produk penerbitan yang melewati proses percetakan, seperti surat kabar harian, majalah mingguan, majalah tengah bulanan dan sebagainya yang dikenal sebagai media cetak.

- Jurnalistik secara harfiah, jurnalistik (journalistic) artinya kewartawanan atau hal-ihwal pemberitaan. Kata dasarnya “jurnal” (journal), artinya laporan atau catatan, atau “jour” dalam bahasa Prancis yang berarti “hari” (day) atau “catatan harian” (diary). Dalam bahasa Belanda journalistiek artinya penyiaran catatan harian.Menurut F. Fraser Bond dalam bukunya An Introduction to Journalism menyatakan: “Journalism ambraces all the forms in which and trough wich the news and moment on the news reach the public”. Jurnalistik adalah segala bentuk yang membuat berita dan ulasan mengenai berita sampai pada kelompok pemerhati.

- Mata kuliah jurnalistik difakultas tarbiyah sangat diperlukan,apalagi bagi kita yang sudak semester tujuh.Karena sangat bermanfaat bagi mahasiswa yang sedang melakukan kepenulisan skripsi,agar para mahasiswa tahu dan faham bagaimana cara menulis yang baik.

- Awal pertumbuhan Pers Indonesia ketika Gubernur Jendral Jan Pieter Coon menerbitkan buku tangan "Memorie der Nouvelles" pada tahun 1615. Media ini resmi terbitan pemerintahan Hindia Belanda yang menyiarkan berita dan informasi mengenai maskapai dagang Belanda VOC; Sedangkan penerbitan Bahasa Jawa pertama terbit di Surakarta pada tahun 1855 yaitu "Bromartari", tahun 1856 terbit harian Berbahasa Melayu pertama yaitu "Soerat Kabar Bahasa Melaijoe" di Surabaya.Sedangkan sejarah pers Indonesia Modern dimulai pada tahun 1902 dimana Abdul Rivai menerbitkan surat kabar Bintang Hindia di Sumatra Barat.

Tribuana Said mengelompokkan Sejarah Pers Indonesia kedalam 6 periode, yaitu :

a) Masa sebelum 1908, masa ini merupakan masa latihan bagi wartawan pribumi di media-media Belanda dan Cina.

b) Masa 1908-1927, dikenal sebagai masa perkembangan media cetak sebagai sarana untuk mengembangkan Kesadaran Nasional dan Semangat Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia.

c) Masa 1928-1945, pers Indonesia pada masa ini menegaskan tekad dan kesiapan mencapai kemerdekaan Nasional.

d) Masa 1945-1947, pers ditengah berkecamuknya perang kemerdekaan untuk mempertahankan Proklamasi Kemerdekaan dari rongrongan pemerintah Belanda, pers juga turut berpartisipasi.

e) Masa 1950-1965, pada masa ini pers menjadi bagian dari organ partai dari sistem Demokrasi Terpimpin.

f) Masa 1966-sekarang (?), pers berlaku sebagai lembaga kemasyarakatan berdasarkan Pancasila, pers pada masa ini juga mengembangkan dirinya sebagai pers pembangunan atau pers pancasila yang menganut prinsip kebebasan yang bertanggung jawab.

- Artikel aktualias,proximity dan situasional

1) Aktualitas

Aji ditunjuk menjadi Pelatih Timnas U-23

Sudah ada isyarat siapa yang akan menggantikan Rahmad Darmawan sebagai pelatih timnas Indonesia U-23. Adalah Aji Santoso yang akan segera mengemban tugas tersebut mulai bulan Januari.

Isyarat itu diungkapkan Koordinator Timnas PSSI, Bob Hippy, Jumat (23/12/2011) pagi:"Aji menjadi pelatih berikutnya, menggantikan Rahmad sebagai pelatih di Timnas U-23. Dia akan mulai jalankan tugas Januari nanti," terang Bob.

Meski demikian, penunjukan ini belum final karena masih memerlukan legalitas dari Komite Eksekutif.Dan sekitar tanggal 3 januari setelah tahun baru mereka akan mengadakan rapat dengan Komite Eksekutif terkait hal tersebut.

Yang bagi masyarakat Indonesia,siapapun pelatih Timnas saat ini yang merupak pelatih yang kompeten seperti pelatih sebelumnya,dan bisa membawa Timnas kepuncak juara disetiap pertandingan.

2) Proximity

Sekolah Minim siswa jadi Prioritas Pendidikan gratis

Dinas Pendidikan Kota Malang, Jawa Timur, akan memprioritaskan sekolah negeri maupun swasta di Malang yang minim siswa sebagai sasaran pendidikan gratis pada tahun 2012. Program ini akan direalisasikan pada awal tahun depan.

Ketua Komisi D DPRD Kota Malang Christea Frisdiantara mengatakan, pihaknya bersama Dinas Pendidikan masih terus melakukan verifikasi terhadap sekolah mulai jenjang SD hingga SMA di daerah itu yang minim siswa.

Pendidikan gratis memang harus diselengarakan agar bagi mereka yang kurang mampu dapat mengenyam kembali pendidikan seperti anak-anak mampu lainnya.Tapi yang perlu kita garis bawahi adalah dana bantuan sekolah gratis ini harus tepat sasaran,jangan sampai ada anak yang kurang mampu masih belum mendapatkan pendidiakn gratis dikarenakan salah alamat atau dana pendidikan graris justru diberikan kepada mereka yang bisa dikatakan mampu bahkan yang menerima justru orang-orang terdekat dari pihak sekolah itu sendiri.Perlu adanya pengawasan dan evaluasi setiap tahun tahunnya dalam penyelenggaraan pendidkan gratris ini,agar dana yang digunakan dapat tepat sasaran yaitu dana pendidkan untuk mereka yang kurang mampu.

3) Situasional

Aktifitas Gunung Anak Krakatau

Aktivitas gempa vulkanik yang terjadi selama ini pada gunung anak Krakatau sudah 126 kali.dengan tingkat asap sampai mencapai 300 meter. Ketinggian asap Gunung Anak Krakatau tahun 2011 selama ini paling tinggi mencapai 200 meter.Pos pemantau di Desa Pasauran hanya melihat ketinggian asap Gunung Anak Krakatau paling tinggi 200 meter dan kemarin ketinggian asap sangat tinggi sejak ditetapkan statusnya Siaga pada 30 September 2011.

Tentu situasi ini akan menggangu aktifitas warga sekitar,karena status siaga ini bisa saja menjadi lebih parah lagi jika aktifitas anak gunung krakatau ini meningkat.

- Dua feature dilingkungan saya yang paling menonjol adalah 1.kawasan yang asri dengan banyak pepohonan disamping rumah dan beberapa bambu hias yang tumbuh disekitarnya,didepah rumah juga ditumbuhi buah anggur dan sekarang sedang berbuah. 2.warga sekitar yang ramah dan pandai bersosialisasi denga warga atau tetangga lain,keharmonisan dalam hidup bertetangga yang baik meski terdapat perbedaan status sosial.

4 komentar:

  1. Saya Ibu Queen Daniel, A pemberi pinjaman uang, saya meminjamkan uang kepada indaividu atau perusahaan yang ingin mendirikan sebuah bisnis yang menguntungkan, yang menjadi periode utang lama dan ingin membayar. Kami memberikan segala jenis pinjaman Anda dapat pernah memikirkan, Kami adalah ke kedua pinjaman pribadi dan Pemerintah, dengan tingkat suku bunga kredit yang terjangkau sangat. Hubungi kami sekarang dengan alamat email panas kami: (queendanielloanfirm@gmail.com) atau (queendanielloanfirm@yahoo.com) Kebahagiaan Anda adalah perhatian kami.

    BalasHapus
  2. Selamat Datang di LAKELAND FINANCIAL LOANS FUNDS HELP ORGANISATION. Saya ingin memberi tahu masyarakat bahwa kami memberikan suku bunga pinjaman yang sangat rendah. Tingkat bunga serendah mungkin (% 2), tingkat suku bunga tahunan. Apakah Anda seorang pengusaha / wanita? Apakah Anda dalam kekacauan keuangan atau dana untuk memulai bisnis Anda sendiri? Butuh pinjaman
    Menyelesaikan hutangnya atau membayar tagihan Anda atau memulai bisnis yang baik? Kamu
    Peringkat kredit rendah dan kesulitan memperoleh pinjaman modal kerja dari lembaga keuangan dan bank lokal lainnya? Perlu diketahui kami tidak mentolerir sikap memindai seperti yang dilakukan orang lain
     
    Anda diminta mengisi formulir permohonan pinjaman di bawah ini:
    Nama: ... ... ... ... ... ... ... .... ... ... ... ... ..
    Nama tengah
    Nama keluarga: ... ... ... ... ... ... ... .... ... ... ... ....
    Negara / Alamat: ... ... ... ... .. ... ... ... ... ... ... ... ... ....
    Kode Pos: ... ... ... ... ... ... ... .... ... ... ... ... ... ..
    Tanggal lahir (yyyy-mm-dd) ... ... ... ... ... .. ....
    Telepon: ... ... ... ... ... ... .. .. ... ... ... ... ... ... ... .... .. ..
    Seks ... ... ... ... ... ... ... ... ....
    Status pernikahan: ... ... ... ... ... ... ... .. ... ... ... ... ... ..
    Profesi: ... ... ... ... ... .... ... ... ... ... ... ... ....
    Posisi Saat Ini Diadakan di Tempat Kerja ... ... ... ... ... ....
    Pendapatan bulanan: ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... .. .
    Jenis Pinjaman: ... ... ... ... ... ... .... .. ..
    Jumlah yang diminta: ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ..
    Durasi Pinjaman: ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... .. ...
    ... ... ... ... ... ..
    Nama Garansi ... ... ... ... ... ... ... ....
    Salinan pindai kartu identitas Anda ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ....
    Segera setelah kami menerima informasi, pesan selamat datang akan dikirimkan kepada Anda melalui Email, Catat bahwa semua tanggapan dikirim ke manajemen melalui Email Lakelandfinancial.co@gmail.com.
    Salam Petugas Petugas,

    BalasHapus
  3. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  4. Negara: Indonesia
    WhatsApp: +62 838-3669-4853
    Alamat: Surabaya
    email saya: nurbrayani750@gmail.com
    nama saya Nurbrayani, saya ingin bersaksi tentang pekerjaan ALLAH yang baik dalam hidup saya, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak pemberi pinjaman palsu ada di internet, tetapi mereka sangat asli dalam pemberi pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari pemberi pinjaman 2 kredit yang curang, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman pinjaman yang andal. Ny. Alicia Radu Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp350.000.000 dari Ny. Alicia Radu dengan sangat mudah dalam 24 jam yang saya lamar, jadi saya memutuskan untuk membagikan pekerjaan yang baik dari ALLAH melalui Bunda Alicia Radu dalam kehidupan keluarga saya.

    Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (nurbrayani750@gmail.com)
    Nomor WhatsApp saya: +62 838-3669-4853
    jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapat pinjaman dari Ibu Alicia Radu

    BalasHapus